A. VISI
Terwujudnya Generasi yang Beriman , Cerdas, dan Bertanggung Jawab.

B. MISI
Misi SMA Negeri 1 Kopang ditetapkan sebagai representasi dari elemen visi dan elemen Profil Pelajar Pancasila adalah sebagai berikut:
⦁ Mengadakan kegiatan keagamaan secara rutin dan teratur melalui pembiasaan untuk menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianutnya

Representasi dari:
o Visi : Beriman.
⦁ Elemen Profil Pelajar Pancasila : Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia.
⦁ Membentuk karakter siswa yang berbudi pekerti luhur , bertaqwa, mandiri dan memiliki prilaku sopan santun sesuai dengan budaya bangsa Indonesia
Representasi dari:
o Visi : Beriman dan Bertanggung Jawab.
o Elemen Profil Pelajar Pancasila : Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia , Mandiri, Berkebinekaan global dan Bergotong royong.
⦁ Mengembangkan dan menerapkan pembelajaran student center dan membangun 4 kemampuan literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan) dengan berlandaskan prinsip kejujuran dan kemandirian dengan memperhatikan bakat dan minat pelajar.
Representasi dari:
⦁ Visi : Cerdas dan Bertanggung Jawab
⦁ Elemen Profil Pelajar Pancasila : Mandiri, Kreatif dan Bernalar kritis.
⦁ Membentuk siswa kreatif, inovatif, dan cerdas yang mampu berkompetisi di era global sesuai dengan kemajuan ilmu dan tekhnologi.
Representasi dari:
⦁ Visi : Cerdas dan Bertanggung Jawab.
⦁ Elemen Profil Pelajar Pancasila : Kreatif, Berkebinekaan global dan Bernalar kritis.

 

C. TUJUAN SEKOLAH
Tujuan sekolah termuat dalam perencanaan jangka pendek, menengah dan panjang. Strategi sekolah untuk mengembangkan kemampuan siswa untuk dapat menjadi pembelajar seumur hidup dilakukan melalui perencanaan sebagai berikut:
Tujuan jangka panjang  
⦁ Menghasilkan lulusan pembelajar sepanjang hayat yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mandiri, peduli, cinta tanah air, bangga pada budaya bangsanya dan tenggang rasa sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
⦁ Menghasilkan lulusan yang mampu melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi pada lembaga akademik / vokasi / kedinasan terkemuka sesuai minat dan bakat yang dimilikinya.
⦁ Menghasilkan lulusan yang terampil dalam berpikir kritis, berkreatifitas, menghasilkan karya, memanfaatkan teknologi digital, dan mengembangkan minat serta bakatnya untuk menghasilkan prestasi.
⦁ Menghasilkan lulusan yang memiliki penguasaan 6 literasi dasar ( literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan.
Tujuan jangka menengah 
⦁ Membentuk karakter pembelajar sepanjang hayat berlandaskan Profil Pelajar Pancasila.
⦁ Membekali pelajar dengan keahlian berfikir kreatif dan berfikir kritis.
⦁ Membekali pelajar dengan penguasaan 6 literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan).
⦁ Memfasilitasi pelajar untuk dapat melampaui kompetensi pengetahuan dan keterampilan minimal tingkat SMA, baik akademik dan non akademik.
⦁ Memfasilitasi pelajar untuk mendapat keahlian kecakapan hidup dan berprestasi sesuai bakat dan minatnya.
Tujuan jangka pendek 
⦁ Pembentukan karakter berdasar Profil Pelajar Pancasila
⦁ Melaksanakan pembiasaan sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila secara terintegrasi pada mata pelajaran yang diselenggarakan baik dalam bentuk tatap muka atau dalam bentuk kegiatan proyek.
⦁ Melaksanakan 100% penilaian sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila.
⦁ Mendorong 100% pelajar mencapai minimal predikat baik pada penilaian sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila.
⦁ Keahlian berfikir kreatif dan berfikir kritis
⦁ Mengintegrasikan project based learning pada 100% mata pelajaran.
⦁ Memfasilitasi 100% pelajar menghasilkan minimal 1 produk kreatif per tahun dari project based learning.
⦁ Penguasaan 6 literasi dasar
⦁ Membekali agar 100% pelajar mampu menjawab minimal 80% soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) dengan tingkat level kognitif 1 dengan benar.
⦁ Membekali agar 100% pelajar mampu menjawab minimal 60 % soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) dengan tingkat level kognitif 2 dengan benar.
⦁ Membekali agar 100% pelajar mampu menjawab minimal 40 % soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) dengan tingkat level kognitif 3 dengan benar.
⦁ Kompetensi pengetahuan dan keterampilan minimal tingkat SMA
⦁ Memfasilitasi 100% pelajar untuk mampu mencapai rata-rata nilai akhir tahun ajaran  minimal 75 pada aspek pengetahuan dan keterampilan.
⦁ Menangani 100% pelajar yang mengalami permasalahan pembelajaran agar dapat terselesaikan.
⦁ Strategi Untuk Mencapai Tujuan  
Untuk dapat mewujudkan tujuan  yang telah ditetapkan,  SMA Negeri 1 Kopang menyusun beberapa rencana strategi pelaksanaan. Adapun strategi-strategi tersebut adalah :
⦁ Menyusun tim Pokja Manajemen Operasional Level Sekolah PSP Angkatan 3 Tahun Pelajaran 2023-2024 ( Lampiran )
⦁ Melakukan analisis konteks terhadap kondisi dan lingkungan sekolah.
⦁ Menyusun rencana kurikulum operasional sekolah dengan melibatkan unsur dinas pendidikan setempat, perwakilan DUDI (Dunia usaha dan dunia industri) dan komite sekolah.
⦁ Melakukan analisis kebutuhan program sekolah (kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, pelatihan, pengadaan sarana prasarana, kegiatan pendukung, dan lain-lain) untuk mendukung pelaksanaan rencana kurikulum operasional sekolah yang sudah disusun.
⦁ Menyusun RKAS (Rencana Kegiatan dan  Anggaran Sekolah) berdasar analisis kebutuhan program dan beradsarkan Raport Pendidikan Sekolah
⦁ Menyusun rencana serta instrumen Evaluasi, Pendampingan dan Pengembangan dengan melihat berbagai sisi (guru, tenaga kependidikan, pelajar, orang tua dan komite sekolah).
⦁ Melaksanakan kurikulum operasional sekolah dengan evaluasi harian, 1 bulanan, 1 semester dan 1 tahun.
⦁ Melaksanakan program perbaikan berdasar prioritas 1 bulanan, 1 semester dan 1 tahun.